Abahsumadi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Arti ​Hidup

Banyak orang mencari definisi tentang hidup. Bolak-balik mencari apakah arti hidup itu sebenarnya. Berbagai arti hidup lalu menjadi rumusan.

Ada yang bilang hidup itu hampa. Tidak ada sama sekali alas nol. Karena tadinya kita tidak ada, ada lalu tidak ada lagi.
Yang lain bilang, hidup itu adalah perjuangan. Tuhan memberi kita lahan dan juga energi yang cukup untuk mengelolanya. Liku-liku perjuangan berupa kenikmatan dan kesengsaraan adalah suatu keindahan.  Itulah arti hidup. Bisa dibuat menjadi beberapa episode sinetron loh!
Ada lagi orang yang benar-benar memanfaatkan hidup di dunia ini dengan sebaik-baiknya. Katanya hidup itu hanya sekali, maka bersenang-senanglah!
Ada juga orang yang menjalani hidup dengan biasa-biasa saja. Ingin jadi orang biasa-biasa saja. Ingin hidup biasa-biasa saja. Ingin mati biasa-biasa saja!
Lebih jauh ada lagi orang-orang yang begitu bersemangat dengan segala cara dan kemampuan ingin membuat atau menciptakan peradaban. Peradaban dunia yang baru dan modern. Peradaban yang mengedepankan humanisme/kemanusiaan. Menciptakan manusia yang kuasa menandingi Tuhan!

Begitukah arti hidup yang sebenarnya?
Renungkanlah!
Benar, bahwa hidup itu hampa atau kosong bila kita tidak berbuat apa-apa. Benar pula bahwa kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya hidup ini. Benar pula dalam hidup kita tidak boleh menang sendiri. Juga benar bahwa kita harus terus meningkatkan kualitas dan derajat hidup manusia.

Namun yang lebih utama dalam hidup, hendaklah kita menjadi orang yang berguna bagi semuanya. Bahwa kita harus memancarkan kasih sayang di mana pun kita berada. Berkarya maksimal untuk perbaikan mutu kehidupan manusia dan kemanusiaannya. Dan hendaklah kita pegang aturan prinsip bahwa tidaklah kita dihidupkan di dunia ini kecuali sebagai rahmat buat sekalian alam.

15 Februari 2012 - Posted by | Uncategorized

2 Komentar »

  1. Info sangat menarik, sukses ya mas.. , Adrianne

    Komentar oleh John | 29 Agustus 2015 | Balas

    • Terima kasih saudaraku. Semoga sukses dan berkah Allah bagi kita semua.

      Komentar oleh abahsumadi | 30 Agustus 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: