Abahsumadi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Apa Memang Sudah Tidak Ada Tantangan Lagi?

Saya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan sekalian atas kerja keras selama ini hingga kita berhasil melakukan migrasi dari BPCS ke SAP dengan baik meski pun masih banyak lagi yang harus ditingkatkan di sana-sini. Hal mana yang masih harus mendapat perhatian adalah IDOC. Seharusnya IDOC dikerjakan oleh masing-masing grup / shift. Tidak seperti sekarang di mana saya masih mengerjakan begitu banyak IDOC setiap hari. Untuk diketahui bersama, target untuk kita adalah maksimal 10 IDOC perhari. Hal ini disebabkan antara lain karena masih adanya HU yang discan (dipindai) sebanyak 2 kali atau dobel. Padahal bila memang melakukan scan 2 kali seharusnya ada pemberitahuan secara tertulis karena begitu susuahnya menentukan HU mana sebenarnya yang dipakai mengingat begitu banyaknya HU dari raw material yang sama, apalagi bila ada HU yang di-lock. Kita harus menunggu dulu HU yang tersisa untuk membetulkannya.Mengenai hal ini ada yang ingin menambahkan?

Terjadinya doble scan karena memang terpaksa, Pak. Sering kali tidak ada label HU pada raw material yang memakai zak dari karung. Kemungkinan label tersebut terlepas. Entah di pabrik atau gudang sini atau di gudang penyimpanan sana. Malahan kemarin saya menemukan ada label HU ditempel pada tali klam pengikat, tidak tepat di kemasan raw material. Artinya yang menempel label tersebut masih sembarangan ….

Mengenai hal itu sudah saya instruksikan ke bagian Prebatching untuk mengambil foto material yang berlabel HU tidak lengkap atau terlepas. Ini untuk mengingatkan bagian gudang penyimpanan betapa pentingnya label HU dalam SAP. Apakah kita ada kamera?

Tidak ada, Pak.

Baiklah, sekarang kita lanjutkan ke hal yang lain. Setelah sekian lama saya sibuk mengurusi SAP, saya baru sempat memeriksa jadwal produksi dan realisasinya. Betapa terkejutnya saya waktu melihat bahwa out put kita hanya berkisar sebanyak 21 ton perhari. Dibuat schedule produksi hari ini, ada saja yang diundur / pending. Dibuat jadwal besoknya, diundur lagi. Alasan warna lama, lah. Apa, lah. Apa lagi bila ada seorang staf yang tidak masuk kerja / absen. Masing-masing membuat jastifikasi sendiri. Yang paling gampang adalah mengambil keptusan sendiri untuk mengurangi 1 batch. Apa karena sudah tidak ada tantangan lagi? Bagaimana ini? Team leader yang seharusnya jadi ujung tombak produksi malah menghambat team untuk berkerja lebih keras.
Semua grup sama saja. Yang belum saya lihat adalah kalian 1 tim terdiri dari 5 orang staf. Bila salah seorang ada yang tidak masuk harusnya bekerja lebih keras lagi. Bagaimana caranya dengan 4 orang dapat memenuhi jadwal produksi. Dan yang sebenarnya saya kepingin sampai saat ini adalah mengatur supaya waktu istirahat kalian bergantian atau ada istirahat pertama dan kedua.
Dan yang memang belum saya lakukan, dan ini adalah kesalahan saya yaitu memanggil  mereka-mereka yang tidak pernah mau lembur Sabtu atau mungkin telah bersedia kerja lembur namun secara tiba-tiba membatalkannya ketika tepat pukul 07.00 pagi.
Ingat, kita ini perusahaan internasional. Semuanya dipantau, tidak ada yang bisa ditutup-tutupi. Atau kalian sudah tidak sanggup lagi menjadi team leader? Kalau memang tidak sanggup lagi, silakan mengundurkan diri! Gaji yang kalian terima sekarang tentunya tidak sama dengan gaji staf biasa.
Dan yang perlu diingat bila kalian buka undang-undangnya (PKB), kalian bekerja 8 jam sehari, tidak kurang . Bagi yang non-shift, masuk pukul 07.45, keluar pukul 16.15, istirahat 30 menit. Pukul 07.45 di sini, di pabrik. Bukan di kantin!

Ada wacana saat ini; pada setiap pergantian shift, shift sebelumnya harus mempersiapkan segala perlengkapan untuk shift berikutnya. Hal itu memang sangat baik karena setiap grup bisa langsung bekerja tanpa perlu waktu tambahan untuk persiapan produksi. Akan tetapi  untuk masalah CCP, rasanya kita tidak bisa sepenuhnya menyerahkan kepada shift sebelumnya untuk mempersiapkannya. Karena yang bertanggung jawab pada hasil akhir pemeriksaan CCP adalah grup yang mengerjakan suatu produk. Jadi menurut saya yang harus mengadakan pemeriksaan CCP adalah grup yang bersangkutan mulai dari awal sampai akhir produksi.

Mengapa, kalian tidak percaya kepada grup sebelumnya? Kalau memang tidak percaya berarti sudah rusak kita. Kita adalah satu team. Baiklah, saya rasa cukup untuk saat ini. Tidak ada tanya jawab setelah ini. Kalau ada sesuatu, hubungi saja supervisor kalian. Terima kasih atas waktunya.

(???!!!!!!!!!!!!!!!!!!!?????????)

24 Oktober 2011 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: